Minggu, 27 Oktober 2013

Komunikasi dan Informasi Teknologi Organisasional


Proses Komunikasi Interpersonal dan Rintangan Komunikasi
                Proses komunikasi terjadi diantara seorang pengirim yang menyandikan sebuah pesan dan meneruskannya melalui sebuah saluran untuk seorang penerima yang menyandikannya dan mungkin memberi feedback.
Stage 1. Pengirim Mengodekan Pesan dan Memilih Saluran Transmisi
Mengodekan Pesan
          Mengodekan adalah proses membentuk sebuah pesan menjadi sebuah format yang dikirim oleh pengirim dan akan dimengerti oleh si penerima. Penerima pesan adalah orang yang menginisiatifkan komunikasi. Pesan tersebut adalah informasi dan komunikasi yang bermakna.
Memilih Saluran Transmisi
          Pesan adalah ditransmisikan melalui sebuah saluran komunikasi. Ada 3 saluran primer, yakni oral (lisan), nonverbal dan written (tertulis).
Stage 2. Pengirim Mentransmisikan Pesan
          Setelah pengirim mengodekan pesan dan memilih saluran, dia mentransmisikan pesan itu melalui sebuah saluran untuk penerima.
Stage 3. Penerima akan mengkodekan pesan dan memutuskan apakah feedback diperlukan
          Orang yang menerima pesan akan mengkodekan. Mengkodekan adalah proses penerjemahan sebuah pesan menjadi format yang bermakna oleh si Penerima.
Stage 4. Feedback: Sebuah Respon ataupun Sebuah Pesan Baru yang Mungkin Ditransmisikan
         Setelah si Penerima mengkodekan pesan, dia mungkin memberi feedback untuk si Pengirim. Peran dari Pengirim dan Penerima bisa berubah seiring pertukaran komunikasi.
Rintangan dalam Komunikasi
Persepsi
          Saat pesan ditransmisikan, penerima mengartikannya dan menerjemahkan mereka agar isinya masuk akal. Semantics dan Jargon bisa menjadi rintangan komunikasi, karena kata yang sama biasanya diartikan berbeda oleh orang yang berbeda pula. Contohnya, kata ‘wicked good’ bisa jadi membingungkan orang-orang yang tidak familiar, tidak menyadari bahwa artinya adalah ‘extremely good’.
            Untuk mengatasi masalah persepsi, kita perlu mempertimbangkan bagaimana oranglain akan mengartikan pesan dan mencoba untuk mengkodekan dan mentransmisikannya dengan cocok. Maka, pemilihan kata-kata sangatlah penting.
Informasi Berlebihan
          Informasi Berlebihan adalah masalah umum yang terjadi karena kita selalu diberikan informasi yang banyak yang perlu dipahami dalam waktu yang singkat.
            Untuk meminimalisir informasi berlebihan, kirimkan pesan dalam kuantitas yang akan dimengerti si Penerima.
Pemilihan Saluran
          Penggunaan saluran yang tidak tepat dapat menyebabkan komunikasi yang salah. Contohnya, saat seorang manajer mendapati seorang pekerja melanggar peraturan, manajer seharusnya menggunakan one-on-one, komunikasi face-to-face. Saluran yang lain tidak akan berguna.
Keributan
            Keributan saat transmisi sebuah pesan bisa mengganggu dan membingungkan penerima. Keributan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan proses transmisi pesan.
            Untuk mengatasi keributan, kita harus mempertimbangkan lingkungan sekitar sebelum mentransmisi sebuah pesan.
Kepercayaan dan Kredibilitas
          Saat berkomunikasi, penerima akan menggunakan akun yang mereka percaya dalam pengirim, juga kredibilitas pengirim. Untuk meningkatkan tingkat kepercayaan oranglain terhadap kita, terbuka dan jujur dengan orang. Untuk memperoleh dan mempertahankan kredibilitas, terus terang sebelum kita berkomunikasi, dan kirimkan pesan yang jelas dan benar.
Pendengar Buruk
          Pendengar Buruk adalah terkadang merupakan hasil dari tidak memperhatikan ataupun gangguan lain. Satu cara untuk bantu meyakinkan bahwa orang-orang mendengarkan pesanmu yang termasuk menanyakan mereka dan meminta mereka untuk mengulangi pesan yang kita sampaikan.
Emosi
          Semua orang memiliki emosi, dan emosi bisa bergabung dengan komunikasi dan biasanya akan menyusahkan untuk orang-orang menjadi objektif dan mendengarkan.
            Saat berkomunikasi, kita harus tetap tenang dan berhati-hati untuk tidak membuat orang emosi yang disebabkan oleh kelakuan kita.
Penyaringan
          Penyaringan adalah proses mengubah atau mendistori informasi untuk projek menjadi sebuah gambaran yang menyenangkan. Untuk membantu menghilangkan penyaringan, kita harus menghadapi error sebagai melatih pengalaman dibandingan sebagai kesempatan untuk menyalahkan dan mengkritik para pekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar